September 20, 2019
  • 7:14 am SMK Negeri 1 Ranah Pesisir Gelar Operasi Semut
  • 7:01 am SMK Negeri 1 Sukses Gelar UNBK
  • 4:23 pm SMKN 1 Kembangkan Program Agribisnis Tanaman Pangan
  • 4:16 pm Pastikan Pemilih Pemula Punya KTP, UKL Ranah Pesisir Jemput Bola ke Sekolah SLTA
  • 4:09 pm SMKN 1 Ranah Pesisir Siap Gelar UNBK 2018

 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Ranah Pesisir siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 ini. Penerapan UNBK di sekolah itu merupakan yang kedua kalinya, dan tahun 2017 lalu dengan hasil yang cukup baik.

“Tahun 2018 ini, kami kembali melaksanakan UNBK  didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai seperti komputer sebanyak 50 unit dan daya listrik. Namun kami butuh perbaikan jaringan internet ke sekolah oleh Telkom,” ungkap Kepala SMKN 1 Ranah Pesisir, Syamsul Mardan, Selasa (16/01).

Disebutkan, sekolah yang dipimpinnya mendapat bantuan 15 unit komputer dari Pemprov Sumbar melalui Dinas Pendidikan Sumbar tahun 2017 untuk mendukung pelaksanaan UNBK.

“Alhamdulillah kami dapat bantuan sebanyak 15 unit komputer dari Pemprov Sumbar melalui Dinas Pendidikan Sumbar untuk mendukung pelaksanaan UNBK. Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemprov dan dinas terkait yang memberikan perhatian serius terhadap sekolah ini,” katanya.

Sementara lanjutnya, pra UN SMKN yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu lalu menempatkan SMKN 1 Ranah Pesisir peringkat pertama tingkat Kabupaten Pesisir Selatan.

“Hasil pra UN sangat memuaskan, dimana SMKN 1 Ranah Pesisir berhasil meraih peringkat pertama tingkat Kabupaten Pesisir Selatan. Ini menjadi pertanda baik, diharapkan hasil UN mendatang juga memuaskan,” ucapnya.

Dikatakan, persiapan menghadapi UN telah mulai dilaksanakan bulan Agustus 2017 dengan melaksanakan belajar tambahan tanpa dipungut biaya, evaluasi dan lainnya.

Bagi siswa yang tidak mengikuti belajar tambahan tiga kali berturut-turut, maka pihak sekolah akan memanggil orang tua bersangkutan. Sedangkan pengelompokkan siswa berlajar tambahan untuk mengahadapi UN berdasarkan kemampuan siswa itu sendiri. UNBK tahun ini akan diikuti sebanyak 139 siswa pada 7 kompetensi keahlian.

“Penerapan UNBK memang tidak semudah yang dibayangkan, tetapi butuh keseriusan dan didukung perangkat seperti komputer, jaringan internet, daya listrik, tenaga teknis dan lainnya. Semoga pada tahun 2018 , kekurangan tahun 2017 dalam pelaksanaan UNBK bisa diantisipasi dengan baik,” tukasnya

https://berita.pesisirselatankab.go.id/berita/detail/smkn-1-ranah-pesisir-siap-gelar-unbk-2018

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT