September 20, 2019
  • 7:14 am SMK Negeri 1 Ranah Pesisir Gelar Operasi Semut
  • 7:01 am SMK Negeri 1 Sukses Gelar UNBK
  • 4:23 pm SMKN 1 Kembangkan Program Agribisnis Tanaman Pangan
  • 4:16 pm Pastikan Pemilih Pemula Punya KTP, UKL Ranah Pesisir Jemput Bola ke Sekolah SLTA
  • 4:09 pm SMKN 1 Ranah Pesisir Siap Gelar UNBK 2018

Walaupun baru seumur jagung menduduki posisi puncak sebagai kepala sekolah SMK 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan,namun Syamsul Mardan, SPd. MM sudah memiliki obsesi ke depan perihal kemajuan sekolah yang dikelolanya.

Katanya,karena sekolah merupakan sarana untuk membina dan mencerdaskan generasi bangsa maka seyogyanya setiap guru harus mampu memberikan pencerahan yang berbentuk pembinaan dan motivasi pada anak didik selaku anak bangsa.

Syamsul Mardan bertekad akan meningkatkan pendidikan yang berkarakter kebangsaan sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang. “Jauh sebelum memegang Amanah selaku kepsek, Saya sudah punya planning dan konsep kerja yang akan diterapkan di SMK 1 Ranah Pesisir. pertama,menjalin kesatuan dan persatuan antara guru dan siswa. kedua, kebersamaan. ketiga, kedispilinan, kalau ketiga tadi diterapkan serta diamalkan dalam hal kehidupan sekolah mudah- mudahan kita semua sebagai warga sekolah kita pasti sukses,” ungkapnya.

Menjadi kepala sekolah katanya,ada konsep dan bekal yang dimiliki. Kalau tidak begitu,ketika menduduki suatu jabatan pasti akan bingung sendiri dalam melakukan tindakan. “Seorang pemimpin yang berhasil tentunya punya manajemen yang baik dan bekerja secara professional. Harus fleksibel juga dalam memimpin tidak membeda bedakan seorang staf maupun guru,hingga kita bisa diterima semua pihak maupun kalangan,” tandasnya.

“Salah satu sifat yang harus dihindari ketika menjadi pemimpin yakni sifat otoriter atau memaksa kehendak sendiri atau egois.Jika sifat ini diterapkan atau dimiliki pemimpin dipastikan kepimpinannya akan jauh dari kesuksesan,” paparnya.

Syamsul Mardan fokus membenahi infrastruktur dan peningkatan SDM tenaga pendidik. Dengan tujuan peningkatan mutu pendidikan melalui proses pembelajaran untuk melahirkan siswa yang memiliki potensi dan berprestasi kedepannya. “Pihak sekolah membuat kembali program unggulan disamping program yang telah ada sebelum nya,ingin dibuka gerai untuk menampung karya-karya siswa. “Merencanakan pembuatan Labor Tata boga,Labor Tata Busana ,Labor Multi Media,Labor TIK.serta dapat menjual produk produk siswa-siswi SMK kepada masyarakat,serta program Tata boga. Siap mengakomodasi persiapan atau kebutuhan sekolah maupun intansi kantor pemerintahan maupun swasta tentang acara pesta yang ada di Kecamatan Ranah Pesisir maupun Kabupaten Pessel umumnya,” tutup nya

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT